Pngertian, Langkah-langkah, Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan Lingkungan

blogger templates
1. Pengertian Pendekatan Lingkungan
Pendekatan lingkungan biasa disebut alam takambang, merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik melalui pendayagunaan lingkungan sebagai sumber belajar. Pendekatan ini berasumsi bahwa kegiatan pembelajaran akan menarik perhatian peserta didk jika apa yang dipelajari berhubungan dengan kehidupan dan berfaidah bagi lingkungannya. Pendekatan lingkungan adalah suatu strategi pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sasaran belajar, sumber belajar, dan sarana belajar (Margaretha, 2005:97).
2. Langkah-langkah Pendekatan Lingkungan
a.         Mengembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan barunya.
b.        Melaksanakan sejauh mungkin kegiatan inquiri untuk semua topik.
c.         Mengembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya.
d.        Menghadirkan model sebagai contoh belajar.
e.         Melakukan refleksi diakhir pertemuan.
f.          Melakukan penilaian yang sebenarnya dengan melakukan berbagai cara (Aptisoma, 2009:2).
3. Kelebihan dan Kelemahan Pendekatan Lingkungan
3.1 Kelebihan Pendekatan Lingkungan
Penerapan pendekatan lingkungan memiliki beberapa kelebihan yaitu sebagai berikut:
a.         Menghemat biaya, karena memanfaatkan benda-benda yang telah ada di lingkungan.
b.        Praktis dan mudah dilakukan, tidak memerlukan peralatan khusus seperti listrik, media elektronik, dll.
c.         Memberikan pengalaman yang ril kepada siswa, pelajaran menjadi lebih konkrit, tidak verbalistik.
d.        Karena benda-benda tersebut berasal dari lingkungan siswa, maka benda-benda tersebut akan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Hal ini juga sesuai dengan konsep pembelajaran kontektual.
e.         Pelajaran lebih aplikatif, maksudnya materi pelajaran yang diperoleh siswa melalui lingkungan kemungkinan besar akan dapat diaplikasikan langsung, karena siswa akan sering menemui benda-benda atau peristiwa serupa dalam kehidupannya sehari-hari.
f.          Pendekatan lingkungan dalam pembelajaran memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Dengan pendekatan lingkungan, siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan benda, lokasi atau peristiwa sesungguhnya secara alamiah.
g.        Lebih komunikatif, sebab benda dan peristiwa yang ada di lingkungan siswa mudah dicerna oleh siswa, dibandingkan dengan media yang dikemas (didesain) (Aptisoma, 2009:3).
3.2 Kelemahan pendekatan lingkungan
Penerapan pendekatan lingkungan memiliki beberapa kelemahan yaitu:
a.         Dalam pemilihan informasi atau materi dikelas didasarkan pada kebutuhan siswa padahal dalam kelas itu tingkat kemampuan siswanya berbeda-beda sehingga guru akan kesulitan dalam menentukan materi pelajaran karena tingkat pencapaian siswa tadi tidak sama.
b.        Tidak efisien karena membutuhkan waktu yang agak lama dalam proses belajar.
c.         Dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan lingkungan akan nampak jelas antara siswa yang memiliki kemampuan kurang, yang kemudian menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi siswa yang kurang kemampuannya.
d.        Bagi siswa yang tertinggal dalam proses pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan lingkungan ini akan terus tertinggal dan sulit mengejar ketertinggalan, karena dalam model pembelajaran ini kesuksesan siswa tergantung dari keaktifan dan usaha sendiri jadi siswa yang dengan baik mengikuti setiap pembelajaran dengan model ini tidak akan menunggu teman yang tertinggal dan mengalami kesulitan.
e.         Tidak setiap siswa dapat dengan mudah menyesuaikan diri dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki dengan penggunaan pendekatan lingkungan.
f.          Kemampuan yang didapat oleh siswa akan bereda-beda dan tidak merata.
g.        Peran guru tidak nampak terlalu penting lagi karena dalam pendekatan lingkungan ini peran guru hanya sebagai pengarah dan pembimbing, karena lebih menuntut siswa untuk aktif dan berusaha sendiri mencari informasi, mengamati fakta dan menemukan pengetahuan baru di lapangan (Aptisoma, 2009:4). 

0 Response to "Pngertian, Langkah-langkah, Kelebihan dan Kekurangan Pendekatan Lingkungan"

Posting Komentar